Senin, 26 Januari 2015

Tingkatkan power mesin motor tanpa bore up ? Bisa kok

Tambah power mesin tanpa oprek ? Bisa bro sis ^------Selamat Datang Di Blogku------^

MIM'sBlog

, Pagi fapers. Gue ada inpoh nih buat yg pengen motornya tambah kenceng.. Ga perlu oprek mesin kok bro sis.. Simak aja dibawah ini..


Kayanya ada benarnya juga ya kalau modifikasi itu tiada batas. Apalagi modifikasi mesin khususnya mesin motor, dari modifikasi berat misalnya modif noken as, bore-up blok silinder, ganti diameter piston & ring piston, atau modifikasi ringan seperti ganti knalpot, atau cuma ganti busi doang. Bagi beberapa pemilik motor modifikasi berat atau ringan sebenarnya tujuannya sama, yaitu untuk menambah power mesin agar dapat meraih akselerasi atau top speed lebih tinggi. Walaupun begitu ada juga pemilik sepeda motor yang lebih suka dengan mesin standar, pertanyaannya kira – kira bisakah tambah top speed motor tanpa oprek atau modifikasi mesin?


jawabannya bisa bro sis.. Yaitu menambah topspeed motor tanpa oprek mesin caranya adalah dengan merubah perbandingan rasio gear depan belakang motor, misalnya :
-Jika Bro & Sis ingin menambah top speed caranya tinggal ganti gear belakang motor yang ukurannya lebih kecil dari standar, atau ganti gear depan standar dengan ukuran yang lebih besar.
-Jika Bro & Sis ingin menambah akselerasi caranya tinggal ganti gear belakang motor yang ukurannya lebih besar dari standar, atau ganti gear depan standar dengan ukuran yang lebih kecil (kebalikannya top speed).


Sekedar tambahan perbandingan gear ratio beberapa jenis motor lainnya :
15/35 = 2.333————–Vega R, Supra X125
15/36 = 2.4—————–Jupiter Z
15/37 = 2.466————–RX-King, Vega R
15/39 = 2.6—————–Jupiter MX 135
14/38 = 2.714————–New Jupiter MX 135
15/41 = 2.733—————New Vega ZR
14/39 = 2.785—————F1-ZR
14/40 = 2.857—————Byson
15/44 = 2.933—————CBR 150
14/42 = 3———————Vixion / CS1
15/45 = 3———————GL Pro Neo Tech
14/43 = 3.071—————Satria FU
14/44 = 3.142—————Yamaha Scorpio
13/43 = 3.38—————–Tiger Revo.


selanjutnya bisa dengan top up bro sis..Contohnya seperti yang dilakukan Ikhsan dari dari Ikhsan Motor di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Jupiter MX generasi awal.
“Untuk mencapai kecepatan maksimum Jupiter MX standar, tak perlu melakukan bore up. Cukup cukup ubah top up nya,” ujar Ikhsan.

Kiatnya dengan melakukan perubahan komponen untuk modifikasi top up. Untuk itu, ikhsan memanfaatkan CDI Shogun 110cc dan pulser top punya Satria 2-tak atau Shogun 110.
Setelah melakukan perubahan itu, Ikhsan menjamin Jupiter MX lawas pun bisa berlari lebih kencang.
Proses perubahan ini disebut Ikhsan memakan waktu 3 hari dengan biaya perubahan komponen dan jasa kerja Rp 1 juta. “Estimasi waktu kerja yang agak lama dikarenakan baut Yamaha Jupiter MX menggunakan baut “L”, jadi agak ribet.”



Nah, itulah tadi tips dari gue bro sis.. Semoga bermanfaat SALAM FAPERS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar